Rabu, 07 November 2018

Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong



Benteng Karang Bolong terletak di Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Lokasinya berada di seberang Pantai Teluk Penyu Cilacap. Untuk bisa ke sana, kamu harus menyebrang dan berjalan kaki sejauh 1 kilometer.
Bersejarah dan menawan suatu keunikan wisata sejarah yaitu Benteng Karang Bolong. Benteng seluas 6.000 meter persegi ini merupakan garis pertahan Portogis yang akhirnya berhasil dikuasai oleh Belanda. Letaknya tersembunyi di balik hutan dan memiliki bangunan berbentuk huruf U. Bangunan yang sudah lama ini banyak ditumbuhi tanaman-tanaman liar beserta akarnya.
Menurut cerita warga sekitar, penamaan Benteng Karang Bolong terispirasi dari keberadaan sebuah karang besar yang terletak di sebelah Pantai Pasir Putih. Karang tersebut memiliki lubang (bolong) dibagian tengahnya. Konon, lubang tersebut dulunya digunakan untuk mengintai kapal-kapal musuh yang hendak singgah di pulau Nusakambangan.


Dari berbagai bangunan yang ada di Benteng Karang Bolong, tempat yang terseram berada di bangunan utama. Menurut cerita, pada bangunan utama terdapat tempat pembantaian para pekerja paksa. pada saat penjajahan dulu para pekerja paksa yang sakit-sakitan, sudah tua dan yang tidak sanggup bekerja lagi akan dibantai di tempat tersebut.
Selain berwisata religi dan mengagumi bangunan-bangunan kuno tersebut, Benteng Karang Bolong sering dikunjungi oleh para traveler yang senang mencari informasi sejarah. Setiap bangunan diabadikan dalam bentuk gambar maupun vidio. Istimewanya bangunan-bangunan tersebut masih murni dan tidak ada perubahan-perubahan dari tahun ke tahun. (MNHMS)

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar