Rabu, 07 November 2018

Keindahan Stalakmit dan Stalaktit Gua Creme Imogiri


Keindahan Stalakmit dan Stalaktit Gua Creme Imogiri

sumber foto: jogjaempatroda.com

Yogyakarta, satu lagi tempat wisata alam yang jarang sekali di kunjungi oleh pengunjung  di kabupaten bantul daerah istimewa yogyakarta yaitu gua creme. Gua creme sendiri beralamatkan di jl. srunggo,selopamioro,imogiri,bantul,Yogyakarta.

                      Gua creme adalah gua peninggalan sejarah dan salah satunya adalah mengenai salahsatu wali songo. Gua creme sendiri memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga sendang di wilayah panggang,desa ploso Giritirto,kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Sehingga dapat memacu adrenalin wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal untuk menyusuri gua yang ada didalamnya. Didalam gua cremai juga terdapat sungai bawah tanah yang airnya jernih dan sebagian air itu adalah sumber mata air itu untuk konsumsi masyarakat yang tinggal di daerah gua creme tersebut. Tidak hanya itu saja , keindahan air terjun grojogan sewu,lorong buntu air suci ,stalaktit dan stalakmit yang masih hidup yang ada pada gua hanya dapat dinikmati jika kita menyusuri kedalam gua,dengan arahan pemandu yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola.
Dibibir gua juga terdapat beberapa gua kecil yang sering digunakan orang untuk mencari wangsit bagi orang yang percaya akan hal-hal mistis salahsatunya gua dalang, di depan gua ini juga terdapat patung Diponogoro yang konon beliau sempat menyebarkan agama di tempat itu. Masuk sedikit kedalam mulut gua ada stalktit dan stalakmit namun itu adalah stalaktit dan stalakmit yang sudah mati. Sedangkan didalam gua bisa melihat berbagai macam stalakmit stalaktit yang masih hidup.
Ornamen – ornamen yang ada di dalam gua yang dijumpai dibedakan dari proses terbentuknya karena proses tetesan air. Jenisnya  adalah stalaktit,stalakmit,pilar,sodastraw stalaktit,dan helektit. Selain itu ada flowstone yang terbentuk karena proses aliran air. Adapun beberapa jenisnya drapery (berbentuk tirai),berbentuk kubah,dan berbentuk perisai. Selanjutnya rimstone , terbentuk karena adanyahambatan pada aliran air. Jenis-jenisnya ada beberapa macam yaitu,  seperti petakan sawah atau bisa disebut micro gours. Gourdam atau lebih mirip tanggul atau petakan sawah yang besar.
Jangan lupa jika ingin masuk kkedalam gua dan ingin menikmati keindahan perut bimi maka harus menggunakan peralatan lengkap yaitu sepatu untuk melindungi kaki dari goresan – goresan batuan kapur yang tajam. Senter karna didalam gua sangat gelap dan tidak tersesat. Helem digunkan untuk melindungi kepala dari goresan stalaktit jika tidak sengaja tersenggol karena stalaktit maupun stalakmit berbentuk runcing. Pastikan perut anda kenyang saat ingin menelusuri gua karena akan membutuhkan tenaga yang banyak untuk menyusuri gua tersebut.
tarif restribusi untuk masuk ke wisata gua cremehanya sebesar rp.2000,dan parkir sepeda motorrp.3000. bagi yang ingin menyusuri perut goamaka wajib untuk menyewa pemandu sebesar rp.50.000, untuk satu pemandu membawa 5 orang lebih sekali jalan.di sana juga di sediakan penyewaan senter dan peralatan susur gua jika lupa tidak membawa peralatan namun peralatan yang di sediakan terbatas.

Rute menuju gua creme
Kota jogja- menuji terminal giwangan- lurus kearah selatan jl. Imogiri timur- mentok di pertigaan ikuti papan petunjuk arah kanan- ikuti terus petunjuk arah kekanan –ikuti saja terus pertunjukan arah yang ada sampai melewati jembatan-setelah jembatan ada pertigaan ambil kanan – dari sini jalan mulai menanjak dan sempit, berhati-hati-sampai tujuan. (LL)


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar