Kamis, 22 November 2018

Taman Budaya Sendawar



Taman Budaya Sendawar

Sumber foto: http://travelerkubar.blogspot.com


Taman Budaya Sendawar terletak di Kecamatan Barong Tongkok, Kabupatan Kutai Barat, Kalimantan Timur. Taman Wisata ini merupakan taman bertemakan kebudayaan asli Kutai Barat yang berkhasan Dayak dan Melayu.  Taman ini didirikan pada tahun 2012 dan menjadi pusat perhatian warga di sana.
Taman ini memiliki enam lamin (Rumah Panggung Panjang) yang mewakili setiap etnis yang berada di Kutai Barat. Etnis tersebut yaitu Dayak Tonyoi, Dayak Benuaq, Dayak Aoheng, Dayak Bahau, Dayak Kenyah, dan Suku Melayu Kutai. Setiap lamin memiliki corak tersendiri menurut tema etnisnya. Lamin-lamin tersebut terbuat dari kayu-kayu ulin sehingga strukturnya kuat.


Selain dari keenam bangunan lamin enam etnis, taman budaya memiliki lapangan dan panggung yang cukup luas. Panggung tersebut biasanya sering diadakan acara berskala kabupaten beserta acara. Sewaktu Dahau (Festival budaya dalam rangka ulang tahun kabupaten) biasanya lapangan taman budaya digunakan untuk upacara adat dalam rangka menyukuri usia daerah yang bertambah. Jika kita melihat kedepan taman budaya, terdapat galeri yang menyediakan penjualan souvenir beserta oleh-makanan khas daerah.


Jika mau ke taman budaya sendawar ini, jalur yang harus dilewati yaitu melewati Jalan Sendawar Raya ke arah Ngenyan dan Melak. Taman budaya ini bersebelahan dengan kantor PKK Kabupaten Kutai Barat dan Politeknik Sendawar.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar