Rabu, 05 Desember 2018

Danau Aco


Danau Aco


                                Sumber foto: travel.kompas.com

Kabupaten Kutai Barat memiliki beberapa objek wisata alam yang berupa danau. Salah satunya yaitu danau Aco. Danau Aco tepatnya terletak di Kampung Linggang Melapeh, Kecamatan Linggang Bigung. Untuk menuju objek wisata ini diperlukan suatu kendaraan darat. Jarak antara lokasi wisata ini dengan pusat kota Sendawar berkisar 20 KM dan memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Objek wisata ini sangat mudah dijangkau oleh wisatawan karena jalur transportasi darat sangat mendukung. Jalan aspal yang halus dari pusat kota hingga kelokasi tersebut. Beragam fasilitas yang ditawarkan lokasi wisata tersebut. Lokasi wisata tersebut masih terlihat alami karena masih diselimuti oleh hutan rimba yang hijau sehingga wisatwan dapat merasakan kesegaran pemandangan yang masih alami.

Menurut ceritanya, danau aco ini awalnya merupakan suatu tempat permukiman penduduk. Tinggalah suatu pasang suami istri. Ketika suatu hari, sang istri melakukan ritual adat yaitu Belian Bawo. Ritual yang dilakukan sang istri diketahui oleh suaminya. Marahlah sang suami dan langsung memukul tambur dengan ekor lutung dengan keras. Maka tertawalah para warga sekitarnya dan seketika itu datanglah bencana yang berupa hujan deras dan angin ribut. Bencana tersebut membuat permukiman tersebut menjadi tenggelam, sehingga tempat itu sekarang menjadi sebuah danau.

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar