Kamis, 22 November 2018

Keindahan Pesona Alam Pantai Ngobaran , Gunung Kidul - Yogyakarta.

Keindahan Pesona Alam Pantai Ngobaran , Gunung Kidul - Yogyakarta. 




     Pantai Ngobaran adalah salah satu pantai yang berada di Gunung Kidul, pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul. Cerita sejarah mengenai pantai ngobran ini oleh masyarakat yang telah mempercayainya pantai tersebut , penamaan pantai ini berkisah seorang Raja Prabu Brawijaya V dikarenakan dulunya pantai menjadi tempat membakar diri. Beberapa masyarakat setempat mengatakan bahwa Prabu Brawijaya adalah keturunan terakhir kerajan Majapahit. Kemudian Prabu Brawijaya melarikan diri dari  istana bersama dua orang  istrinya  yaitu Bondang Surati (istri pertama ) dan Dewi Lowati (istri kedua) sampai akhirnya  berhenti di Pantai Ngobaran Gunung Kidul. Pada akhirnya,  Prabu memutuskan mencebur kedalam api yang membara bersama Dewi Lowati dari  peristiwa ini yang di namakan ngobaran yang berasal dari kata kobong atau kobaran yang artinya terbakar maupun membakar diri. Penganut aliran jawaan telah mempercayai aliran kepercayaan peninggalan Raja Prabu Brawijaya V. Sekeliling pantai ngobaran terdapat gapura tempatnya penganut agama hindu yang sering melakukan ritual atau Upacara Galungan setiap bulan purnama yang disebut rangkaian hari nyepi. Pengunjung saat memasuki kawasan pantai ngobaran merasakan suasana mistis , tetapi adanya suara ombak yang menerpa tebing maupun karang di sekitar pantai.
Keindahan Pantai Ngobaran sendiri memiliki pemandangan sangat indah menawan, eksotis, untuk dinikmati bersama teman dan keluarga saat berliburan ketempat ini. Pengunjung juga bisa menjumpai pasir , karang-karang, rumput laut  yang ada di sekeliling pantai  sangat indah sekali tetapi juga terdapat macam-macam jenis ikan lainnya dan berliburan bersama keluarga merasakan senang , bahagia dan damai ataupun sejuk udaranya di pantai tersebut.  Pantai Ngobaran memberikan keunikan tersendiri dari pantai ini  terdapat adanya candi, gapura, dan patung-patung dewa seperti pantai-pantai  di Bali, pengunjung merasakan betah tinggal atau lama-lama berliburan di pantai tersebut. selain itu, banyak juga pendagang kaki lima yang berjualan macam-macam jenis ikan-ikan seger , ada masjid jika ingin beribadah, tolilet umum, dan macam-macam makanan kuliner yang telah disedikan oleh masayarkat.
Rute bisa dilewati dengan google mapps tetapi juga kita harus melihat kondisi pada kendaraan , membawa kebutuhan yang ingin kita bawa bersama keluarga, supaya liburan di pantai ngobaran mersakan nyaman dan indah oleh pemandangan di bukitnya.  Sepanjang jalan menuju Pantai Ngobaran  daerah Gunung Kidul jalannya menanjak , menurun, dan berbelok-berbelok harus berhati-hati saat mengendarainnya. Harga masuknya RPp 3.000 , sepuasnya pengunjung berdatang dari pagi hingga malam hari tetapi juga hotel di sana terbatas.


    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar